Molekul Isopropyl Cyanide Ada Bentuk Kehidupan

Molekul Isopropyl Cyanide Ada Bentuk Kehidupan

Sebuah penemuan Molekul atau dinamai isopropyl cyanide (IC) baru-baru ini mulai dipelajari oleh beberapa ahli astronomi. Molekul tersebut berstruktur mirip ranting pohon dan terdapat pada awan gas raksasa di ruang interstellar (materi yang mengisi ruang antar bintang).

Proses penemuannya diibaratkan seperti mencari jarum ditumpukkan jerami. Namun, ahli astronomi akhirnya berhasil mendeteksi gelombang radio yang dipancarkan oleh IC, demikian dimuat pada laman Machineslikeus.

Penemuan ini mengindikasikan molekul rumit untuk mendukung kehidupan berasal dari ruang interstellar. Ahli astronomi dari Universitas Cornell, The Max Planck Institute for Radio Astronomy dan Universitas Cologne Jerman mendeskripsikan penemuan mereka di jurnal Science pada hari Sabtu (27/9/2014) kemarin.

Mereka menggunakan Observatorium Atacama Large Milimeter/submillimeter Array (ALMA) untuk mempelajari bintang berbentuk gas wilayah Sagittarius B2. Biasanya, molekul organik yang ditemukan di wilayah tersebut mengandung satu “tulang punggung” atom karbon berbentuk satu rantai lurus. Namun, struktur karbon IC memiliki cabang seperti ranting, menjadikannya molekul pertama di interstellar yang terdeteksi berbentuk seperti itu.

Rob Garrod, Peneliti Senior Universitas Cornell untuk Pusat Penelitian Angkasa dan Radiophysics mengatakan pendeteksian ini membuka batasan baru dalam ranah molekul rumit yang dapat terbentuk di ruang interstellar hingga memungkinkan menemukan jalannya  ke permukaan planet. Struktur beranting dalam IC adalah bentuk umum dari molekul yang dibutuhkan untuk menunjang kehidupan, seperti amino acids, yang membangun sususan protein.

Penemuan teranyar ini mendukung ide bahwa molekul biologis penting, seperti amino acids yang biasanya ditemukan di meteorit ternyata diproduksi di awal pada saat proses pembentukan formasi bintang, bahkan sebelum planet seperti Bumi terbentuk.

cara

0 Response to "Molekul Isopropyl Cyanide Ada Bentuk Kehidupan"

Posting Komentar

Disini Anda bebas bertanya maupun mengutarakan ide, gagasan, opini secara bebas yang tentu tidak termasuk dalam koridor Sara. Dilarang keras titip Link / URL hidup maupun berupa tulisan atau mempromosikan produknya.